ads

Friday, November 19, 2010

Cara Merawat Perhiasan Yang Benar

Berikut disajikan beberapa tips seputar perawatan perhiasan, baik itu emas, mutiara, perak hingga berlian, dan masing-masing mempunyai cara merawatnya yang berbeda-beda, agar perhiadan anda berumur panjang.

Jadi.. rawatlah perhiasan anda menurut jenisnya masing-masing. berikut tips nya :

Berlian
Cincin atau anting berlian wajib dirawat dengan penggosokkan secara berkala setidaknya 6 bulan sekali agar kemilaunya tetap terjaga. Lakukanlah di toko berlian yang menyediakan jasa ini. Jika Anda ingin melakukannya sendiri, cara ini dapat dipraktekkan:
- Siapkan air hangat yang sudah ditetesi cairan pencuci piring.
- Celupkan perhiasan berlian Anda ke dalam cairan tersebut.
- Sikat secara lembut dengan sikat gigi bekas agar kotoran dapat terjangkau sampai ke dalamnya.
- Setelah disikat, keringkan dengan kain yang lembut dengan cara ditekan-tekan.
- Atau, rendam selama 30 menit dalam air yang 1/6 nya sudah mengandung ammonia, dan keringkan dengan kain yang lembut.

Mutiara
Berbeda dengan berlian, mutiara sangat rentan terhadap cairan yang mengandung zat kimia, seperti hairspray, nail polish atau ammonia. Cairan tersebut dengan mudah dapat merusak mutiara Anda.
- Lap mutiara Anda seusai mengenakannya. Gunakan kain yang kembut.
- Untuk  hasil yang maksimal, basahi kain dengan air sabun, peras dan seka mutiara secara searah. Lalu keringkan dengan kain basah. (Tidak dengan air sabun)

Peringatan :
- Cangkang dari perhiasan mutiara Anda mudah sekali untuk kendor atau lepas. Agar mutiara tidak sewaktu-waktu lepas, secara berkala kencangkan kembali di ahli perhiasan.
- Karena mutiara sangat rentan terhadap parfum dan cat kuku, selalu pasang perhiasan mutiara Anda setelah Anda selesai berdandan.

Perak
Perak memang tidak semahal  berlian atau mutiara. Walaupun begitu, berikanlah perawatan terbaik agar koleksi perak Anda tetap berkilau:
- Gunakan cairan pembersih khusus perak ( tersedia di toko perhiasan)
- Jika perak Anda terangkai dengan batu-batuan, baca instruksinya dengan cermat. Ada beberapa cairan pembersih yang dapat merusak beberapa jenis batu-batuan.
- Setelah dibersihkan, keringkan dengan kain lembut.

Peringatan :
» Karena perak mudah sekali tergores, hindari menggosok dengan kain lain selain kain khusus.
» Agar kilau perak tidak pudar, jauhkan dari cahaya dan udara. Bungkus dengan kertas kedap air, lalu masukkan ke dalam plastik dan simpan di tempat yang gelap.

Emas
Agar tetap berkilau, gosok dengan kain yang sangat lembut atau gunakan cara seperti cara membersihkan berlian.[ref:conectique]

No comments:

Post a Comment

Masukkan email Anda di sini untuk berlangganan info kesehatan dan kecantikan: